Kurikulum KB TK Yaa Bunayyaadalah kurikulum yang mengacu pada DikNasdan menerapkan metode Student Active Learningdengan sistem belajar sentra.*
PROGRAM KEGIATAN BELAJAR
Program kegiatan belajar di KB_TK Yaa Bunayya pada intinya adalah untuk mengembangkan kemampuan dasar siswa seperti kemampuan bahasa, daya pikir, jasmani, dan ketrampilan serta menanamkan nilai-nilai Islami melalui pembiasaan sejak dini. Sehingga di KB-TK Yaa Bunayya, teladan guru merupakan faktor terpenting dalam kegiatan kesehariannya.
Dengan menggunakan metode Student Active Learning yang didukung dengan sentra belajar diharapkan perkembangan anak dapat berkembang secara optimal.
Mengapa KB-TK Yaa Bunayya 2
menggunakan metode Student Active Learning dengan system belajar sentra ?
Kami melihat dan Insya Allah semua orang tahu bahwa semua anak itu unik, Mereka mempunyai banyak kelebihan yang patut dikembangkan. Apalagi dengan penemuan seorang psikolog (Hadner) akhir-akhir ini tentang 6 (delapan) kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak (manusia).
Dengan menggunakan metode Student Active Learning melalui system “sentra” maka semua anak memiliki kesempatan untuk mngembangkan kelebihannya masing-masing tanpa harus mengalami tekanan dari gurunya karena anak belajar sesuai dengan keinginannya. Dengan metode ini anak diajak untuk mengamati, mancari, menemukan dan menyimpulkan sendiri bahan yang dipelajarinya sehingga anak belajar dengan senang dan puas. Selain itu dengan metode ini semua anak mendapat kesempatan yang sama sehingga tidak ada istilah anak bodoh, pintar atau nakal. Semua kegiatan dilakukan dengan menyenangkan disetiap sentra belajar.
Guru sebagai fasilitator memegang peranan untuk mengarahkan, membimbing dan kalau perlu memberi masukan pada anak sehingga terjalin komunikasi yang harmonis antara guru dan siswa. Kegiatan belajar seperti ini tidak terjadi pada metode konvensional yang banyak digunakan KB-TK pada umumnya.
Sentra belajar adalah sarana belajar dimana anak bebas melakukan kegiatan belajar yang diinginkannya. Misalnya anak ingin belajar mewarnai, maka anak tersebut belajar di sentra Kreasi dan Seni, sedangkan bagi anak yang senang belajar Matematika atau membaca maka anak akan belajar di Sentra Persiapan.
Ada berapa Sentra Belajar di KB-TK Yaa Bunayya ini ? di Yaa Bunayya II terdapat 7 Sentra, yaitu : Ibadah, Kreasi Seni, Rancang Bangun, Imajinasi, Eksplorasi, Persiapan (baca dan matematika), dan Audio Visual. Apa saja kegiatannya ? inilah sekilas gambarannya :
1. Sentra Kreasi/Sentra Seni
Sentra Kreasi/Sentra Seni merupakan tempat yang penuh energi. Di Sentra ini biasanya merupakan tempat dimana anak-anak boleh bermain kotor tapi anak-anak insya Allah akan segera belajar bahwa membersihkan ruangan merupakan bagian dari tanggung jawab belajar di sentra ini. Kegiatan seni untuk anak lebih dipusatkan pada proses pembuatan bukan hasil.
Melalui percobaan dengan berbagai media seni dan proses pembuatan berbagai karya seni, anak-anak belajar :
- untuk mengungkapkan ide dengan cara yang baru dan kreatif.
- konsep bentuk, ukuran dan menciptakan bentuk-bentuk
- mengenal nama-nama warna dan bagaimana membuat campuran warna baru
- menguasai berbagai alat yang digunakan untuk membuat karya seni
- membuat perencanaan akan membuat apa dan merealisasikannya bahwa ide itu sangat berharga.
2. Sentra Rancang Bangun / Balok
Balok sangat fleksibel dan memiliki aneka guna, dengan bermain balok anak-anak bisa meningkatkan persepsi visual, koordinasi mata tangan dan keterampilan motoriknya.
- Konsep bentuk, ukuran, panjang, lokasi, ruang dan sudut.
- Konsep keseimbangan dan gravitasi
- Untuk menemukan dan mengulang pola
- Untuk melatih kerjasama dengan teman
- Untuk menyelesaikan masalah
- Untuk membuat perencanaan dan melaksanakan rencananya
- Untuk melihat kostruksi yang telah dibuat sebagai rekreasi
3. Sentra Imajinasi/Bermain peran
Anak-anak belajar di Sentra ini melalui bermain pura-pura. Anak-anak di sentra ini kelihatannya hanya bersenang-senang tapi ada banyak hal yang dapat dipelajari anak disini.
Ketika anak memainkan sebuah cerita, anak belajar untuk berbagi ide, membuat keputusan bersama, bekerjasama satu sama lain. Bermain drama juga memberikan kesempatan pada anak untuk bercakap-cakap dan meningkatkan perkembangan kognitifnya.
Dengan mengambil berbagai peran dalam berbagai tema bermain peran anak-anak belajar :
- luwes dalam berpikir
- untuk mengungkapkan diri dengna kalimat
- untk bereksperimen berbagai peran orang dewasa
- untuk mampu membayangkan kesulitan-kesulitan/resiko dalam peran yang dimainkan tapi dalam setting yang aman
- untuk mengatasi masalah dan mengatur berbagai hal
- untuk membuat keputusan
- berlatih dan berkompromi
- meningkatkan kemampuan improvisasi dan menggunakan berbagai benda secara simbolik yang mewakili hal lain (Mis. Sendok kayu menjadi raket)
- dapat melaksanakan ide dengan cara bekerja sama dengan teman.
4. Sentra Eksplorasi
Apa yang dipelajari di Sentra ini ?
Melalui percobaan dengan berbagai alat di air dan di pasir, anak-anak belajar :
- Koordinasi mata tangan saat menuang
- Bahwa sesuatu ada yang tenggelam dan ada juga mengambang Konsep seperti basah, kering dan penguapan.
- Untuk membandingkan, mengamati, mengukur, meramalkan dan penemuan-penemuan
- Kapasitas relative dari berbagai ukuran kontainer
- Apa yang terjadi jika kita menambahkan benda lain mis : Sabun dan pewarna makanan
- Bagaimana bekerjasama atau bermain bersama dengan mainan yang sama.
5. Sentra Ibadah
Apa yang dipelajari anak di sentra ini ?
- Pengembangan kemampuan dasar imtaq dan pembentukan karakter (Akhlakul Karimah) yang diintegrasikan kesemua Sentra
- Menanamkan kecintaan anak pada Allah melalui pembicaraan senang melakukan perintah Allah dan meninggalkan laranganNya, sesuai dengan kemampuan anak
- Mengerti dan bertingkah laku sesuai dengan poin sebelumnya sehingga terbentuklah anak-anak berkarakter.
Sentra Persiapan /matematika/ membaca dan menulis
Apa yang dipelajari di Sentra ini ?
- Mengamati kesamaan dan perbedaan benda
- Konsep warna, bentuk dan ukuran
- Konsep angka lebih dari dan kurang dari
- Membuat pola
- Menghitung dan korespondensi satu-satu
- Konsep kelompok atau set
- Berpikir logis
- Mengungkapkan ide dalam bentuk kata dan tulisan
- Membuat cerita
- Memperoleh informasi dari buku
- Menggunakan pengetahuan asosiasi huruf (membuat kalimat sederhana)
- Mengetahui ada berbagai cara untuk menulis
MATERI HAFALAN
PLAY GROUP ( PG )SEMESTER 1SEMESTER 2
ü QS. Al Fatihah
ü Kalimat Syahadat
ü Hadits Makan & Minum
ü Hadits menjaga mulut
ü Do’a sebelum tidurü QS. Al Asr
ü Do’a sebelum belajar
ü Hadits larangan marah
ü Do’a kedua orang tua
TK A
SEMESTER 1SEMESTER 2
Surah & Artinya :
ü Al Fatihah
ü Al Ikhlas
ü An Naas
ü Al Asr
ü Al Kautsar
Hadits & Artinya :
ü Hadits makan & minum
ü Hadits bersedekah
ü Hadits larangan marah
ü Hadits ramah pada teman
ü Hadits menjaga mulut
Do’a & artinya :
ü Do’a sebelum & sesudah belajar
ü Do’a sebelum dan sesudah makan
minum
ü Do’a berbuka puasa
ü Do’a sebelum tidur
ü Do’a bangun tidur
ü Do’a keluar kelas
Do’a naik kendaraanSurah & Artinya
ü Al Falaq
ü Al Quraisy
ü Al Kafirun
ü An Nashr
Hadits & artinya :
ü Hadits menuntut ilmu
ü Hadits larangan menyiksa hewan
ü Hadits kebaikan
ü Hadits kebersihan
ü Hadits keutamaan membaca Al Qur’an
Do’a & artinya :
ü Do’a turun hujan
ü Do’a bercermin
ü Do’a masuk dan keluar masjid
ü Do’a untuk kedua orang tua
ü Do’a kebaikan dunia & akhirat
TK B
SEMESTER 1SEMESTER 2
Surah & Artinya :
Surah al Luqman ayat 16-17
Al Lahab
Ayat Kursi
Hadits & Artinya :
Hadits disayang Allah
Hadits sabar & pemaaf
Hadits berkata baik
Hadits berbakti pada orang tua
Do’a & artinya :
Do’a naik kendaraan
Do’a masuk kamar mandi
Do’a keluar kamar mandi
Do’a sesudah wudhuDo’a mendengar petir
Surah & ArtinyaAl Fiil
Al Humazah
At Takasur
Hadits & artinya :
Hadits menutup aurat
Hadits suka menolong
Hadits menyebarkan salam
Hadits memulai dengan basmalah
Do’a & artinya :Do’a sesudah AdzanDo’a memakai pakaianDo’a melepas pakaian